PEMBAHARUAN

............ Bagi siswa siswa kelas X, kata sandi telah diperbaharui pada 8-4-2016, yang mau posting di Blog SMK Bukateja (Blog siswa) harap menghubungi nomor : 081391031086

Senin, 04 April 2016

PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia, jasa-jasanya sangat dikenang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Jenderal Besar Soedirman menurut Ejaan Soewandi dibaca Sudirman, Ia merupakan salah satu orang yang memperoleh pangkat bintang lima selain Soeharto dan A.H Nasution. Jenderal besar Indonesia ini lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916.
Jendral Soedirman merupakan pejuang yang tangguh, bijaksana, mempunyai semangat nasionalisme, dan cinta tanah air.
 Mengetahui pasukan Belanda akan menangkap Jendral Soedirman membuat Jenderal Soedirman beserta rombongan kecilnya melarikan diri dari pasukan Belanda dan meninggalkan kota, kemudian membuat markas besar di Sobo berlokasi dekat gunung Lawu. Di sana Jenderal Soedirman memimpin aktivitas militer seantero Jawa termasuk sebuah pertunjukan pasukan di Yogyakarta pada tanggal 1 Maret 1949. Ketika Belanda mulai mundur, di bulan Juli 1949 Jenderal Soedirman kembali ke Yogyakarta dan melarang untung menyerang lebih lanjut. Jenderal Soedirman kemudian meyalahkan isu-isu tersebut karena penyakit tuberculosisnya, yang membuat paru-paru kanannya bermasalah pada bulan November 1948. Pada tanggal 19 Desember 1948, beberapa hari setelah Jenderal Soedirman keluar dari rumah sakit, Belanda melancarkan sebuah penyerangan di ibukota.

Pengirim : Neneng Indak K
               Siti Septiasih
Kelas : X Busana Butik 1