PEMBAHARUAN

............ Bagi siswa siswa kelas X, kata sandi telah diperbaharui pada 8-4-2016, yang mau posting di Blog SMK Bukateja (Blog siswa) harap menghubungi nomor : 081391031086

Senin, 04 April 2016

PAHLAWAN LUAR BIASA

Jendral Sudirman adalah sosok pahlawan nasional yang luar biasa. Bilau lahir pada tanggal 24 Januari tahun 19616 di kota Purbalingga, tepatnya di dukuh Rembang. Beliau lahir dari sosok ayah yang bernama Karsid Kartowiradji, dan seorang ibu yang bernama Siyen. pekerjaan ayahnya seorang kpekerja di pabrik gula Kalibagor, Banyumas. dan ibunya merupakan keturunan Wedana Rembang.
Beliau merupakan pahlawan yang gigih,tangguh,mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi. Mengetahui pasukan Belanda akan menangkap Beliau membuat Jendral Soedirman beserta rombongannya pergi meninggalkan kota yang ditempatinya.
Hari demi hari mereka lalui dengan perjuangan yang sangat keras. Walau panas dan hujan semangat mereka tak pernah padam untuk membela negara Indonesia.Belanda tidak tinggal diam dengan apa yang dilakukan Jenderal Soedirman. Belanda tetap berusaha mencarinya kemanapun ia pergi. Hutan,bukit dan perkampungan pun tetap dicari tidak ada satu tempat pun yang mereka lewatkan bahkan Belanda mengebom perkampungan yang ia lewati. Tetapi penduduk setempat tidak memberi tahu keberadaan Soedirman.Bahkan mereka berani mengorbankan nyawanya demi Jenderal Soedirman.Untuk mengusir Belanda dari Indonesia baik dengan cara sembunyi-senbunyi seperti membakar markas,menyamar, dan bersembunyi di gubug. Maupun secara terang-terangan seperti menyiarkan di radio NasionalJenderal Soedirman kemudian meyalahkan isu-isu tersebut karena penyakit tuberculosisnya, yang membuat paru-paru kanannya bermasalah pada bulan November 1948. Pada tanggal 19 Desember 1948, beberapa hari setelah Jenderal Soedirman keluar dari rumah sakit, Belanda melancarkan sebuah penyerangan di ibukota.

  • Pengirim : 1. Neneng Indah Kurniawati (23)
  • Pengirim : 2. Siti Septiasih (36)  
Kelas : X Busana Butik 1